Halo Mitra Grab!
Apa sih rating bintang itu?
Sebagai Mitra Grab, Anda akan menerima rating bintang antara 1 hingga 5 bintang dari penumpang Anda setelah perjalanan selesai.
Rating bintang akan membantu Kita untuk bersama-sama menjaga kualitas pelayanan kepada penumpang yang dapat menjadi kebanggaan Kita. Anda pun juga dapat mengukur tingkat kepuasan penumpang dan terus menjaga kualitas Anda yang luar biasa — hal inilah yang menjadikan Grab luar biasa bersama Anda!
Anda dapat mengetahui rating bintang Anda dengan cepat pada Aplikasi Grab Driver Anda:
Catatan:
Rating bintang yang muncul dalam Aplikasi Grab Driver Anda tidak bersifat ‘real-time’ (terkini). Rating bintang diperbarui 2x sehari dengan interval tetap, dan dihitung berdasarkan rata-rata dari 100 rating bintang terakhir yang Anda terima.
Dengan demikian, perubahan dalam rating bintang Anda bisa jadi tidak berasal dari peringkat yang diberikan oleh penumpang terakhir Anda.
Berapakah rating bintang yang baik?
Rata-rata rating bintang seluruh Mitra Grab saat ini ada di angka 4.8. Jadikan hal ini sebagai target dan tolak ukur Anda untuk tetap menjaga kualitas.
Bagaimana untuk tetap jadi Mitra Bintang 5?
Sulitkah untuk terus jadi Mitra Bintang 5? Jawabannya tidak!
Karena sebenarnya, hanya hal-hal sederhana inilah yang Anda perlukan untuk tetap jadi Mitra Bintang 5:
  1. Lakukan ini setiap saat:
    – Jaga kendaraan tetap bersih, terpelihara, dan beraroma menyenangkan
    – Berpakaian rapi dan sopan
  2. Lakukan ini saat menjemput penumpang:
    – Sapa penumpang menggunakan nama mereka (“Selamat pagi Pak Agus, selamat datang di Grab”) → hal ini akan menghindari Anda dari menjemput orang yang salah
    – Konfirmasi ulang tujuan penumpang
    – Ingatkan penumpang untuk mengencangkan sabuk pengaman mereka
    Tips Pro
    – Jika Anda mampu, bantu penumpang yang bepergian dengan kursi roda, stroller, koper, atau tas berat untuk naik ke kendaraan Anda dengan aman dan nyaman
    – Jika Anda menuju ke bandara, tanyakan apakah penumpang telah membawa tiket pesawat mereka beserta tanda pengenalnya (KTP/Paspor) untuk check-in di bandara nanti
  3. Lakukan ini saat dalam perjalanan:
    – Mengemudilah dengan aman, hati-hati, dan ikuti batas maksimum kecepatan
    – Hindari rem mendadak
    – Tetap waspada, dan hindari penggunaan ponsel saat mengemudi
    – Tanyakan pada penumpang apakah AC kendaraan (untuk mobil) terlalu panas atau dingin
    – Hindari musik yang terlalu keras
    – Jaga agar percakapan tetap positif dan profesional
  4. Lakukan ini saat tiba di tujuan pengantaran :
    – Menepilah di lokasi yang aman dan nyaman, terutama jika ada di jalan yang ramai
    – Ucapkan terima kasih pada penumpang
    – Ingatkan penumpang untuk membawa barang-barang mereka, jangan sampai ada yang tertinggal
    – Informasikan tarif total dan tambahan biaya tol dan/atau parkir (bila ada), hal ini berguna untuk menghindari perbedaan tarif
    – Untuk penumpang yang menggunakan pembayaran menggunakan GrabPay, Kartu Kredit atau Corporate Code, hindari mengenakan biaya tambahan tanpa persetujuan penumpang
    Tips Pro
    – Jika Anda mampu, bantu penumpang yang bepergian dengan kursi roda, stroller, koper, atau tas berat untuk dapat turun dari kendaraan Anda dengan aman dan nyaman
Hanya dengan beberapa hal-hal sederhana di atas, Anda akan dapat bertahan untuk jadi Mitra Bintang 5!
Mari bersama-sama kita tetap menjadi yang paling luar biasa!
#SayaMitraBintang5

Pertanyaan yang seringkali muncul:
  1. Bagaimana sebenarnya perhitungan rating?
    Rating bintang yang Anda diterima tidak langsung diperhitungkan saat itu juga. Rating bintang dirata-ratakan 2x sehari dari 100 rating bintang terakhir yang Anda terima. 
  2. Kenapa rating dan komentar penumpang tidak dimunculkan sehingga tidak ada transparansi?
    Komentar penumpang akan diberikan setiap bulan melalui pesan notifikasi dalam Aplikasi Grab Driver untuk dapat memudahkan Mitra mengevaluasi pelayanan yang telah diberikan. Pastikan Mitra mengecek pesan notifikasi setiap bulan 
  3. Mengapa untuk meningkatkan rating bintang membutuhkan akumulasi dan waktu yang lama?
    Karena rating bintang yang dimunculkan adalah rata-rata dari 100 rating bintang terakhir yang Mitra terima.  
  4. Mengapa turunnya rating bintang lebih cepat daripada naiknya rating?
    Rating bintang Anda dihitung berdasarkan rata-rata dari 100 rating bintang terakhir yang Anda terima dan akan diperbarui 2x sehari. 
    Terkadang, penumpang tidak langsung memberikan rating bintang pada Anda saat itu juga. Hal ini dapat menyebabkan rating Anda terasa cepat berubah meskipun Anda sedang tidak mengambil penumpang. Oleh karena itu, ingatkan selalu penumpang untuk langsung memberikan rating bintang begitu selamat sampai tujuan.  
  5. Apakah bisa kita mengetahui berapa banyak penumpang yang sudah memberikan rating bintang dan berapa rating bintang yang diberikan?
    Informasi ini dapat Anda peroleh dalam laporan bulanan yang dikirimkan melalui pesan notifikasi dalam Aplikasi Grab Driver Anda. Pastikan Anda selalu mengecek pesan notifikasi Anda setiap bulannya. 
  6. Apakah ada rating bintang juga untuk penumpang?
    Anda dapat memberikan penilaian kepada penumpang setelah perjalanan berakhir melalui fitur Ulasan Perjalanan. Jika Anda mengalami perlakuan yang tidak sesuai dari penumpang, pastikan Anda menekan tombol wajah merah di Ulasan Perjalanan dan tuliskan alasannya agar Kami dapat mengedukasi penumpang lebih baik. 
  7. Apa yang akan terjadi jika penumpang mendapat penilaian buruk dari pengemudi?
    Sama halnya dengan akun Mitra Grab, akun penumpang juga dapat diberikan sanksi mulai dari tidak dapat memperoleh pengemudi hingga pemblokiran akun jika ada laporan negatif dari Mitra. 
  8. Seberapa pentingkah rating mempengaruhi kinerja kita?
    Rating bintang adalah tolak ukur dari kualitas pelayanan yang telah Anda berikan. Rating bintang adalah salah satu hal yang mempengaruhi perhitungan insentif yang akan Anda terima. 
  9. Bagaimana jika saya sudah berusaha memberikan pelayanan yang baik ke penumpang tapi ternyata rating tetap turun?
    Pastikan Anda selalu memberikan pengertian pada penumpang untuk memberikan bintang 5 jika pelayanan Anda sesuai dengan standar pelayanan.