Salah satu bukti bahwa kita telah memberikan Pelayanan Terbaik ke Penumpang adalah mendapatkan Penilaian Bintang 5.
Memberikan Pelayanan Terbaik berpengaruh langsung terhadap Kepuasan Penumpangyang mendukung Kesetiaan dan Bertambahnya Penumpang.
Bagaimana cara mendapatkan Bintang 5?
Berikut adalah beberapa cara untuk memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang:
  1. Senyum, Salam, & Sapa (3S)
Keramahan Pengemudi akan memberikan pengalaman yang baik untuk Penumpang. Selalu berikan Senyum, Salam dan Sapa (3S) ke Penumpang di saat naik maupun turun kendaraan.
Contoh keramahan yang bisa kita berikan kepada Penumpang:
  • Memberikan masker & penutup kepala
  • Menyapa Penumpang dengan menyebut nama, contoh “Selamat Pagi Pak Budi” agar mereka lebih terasa dekat dengan Anda
  • Siap dengan kembalian untuk transaksi tunai untuk menghindari Penumpang menunggu terlalu lama
  1. Menggunakan GrabChat untuk Menghubungi Penumpang
Penumpang dan Pengemudi pastinya akan lebih terbantu kalau ada kepastian, misalnya di mana penjemputan, kesediaan menunggu, menghindari pembatalan, kepastian tujuan dan masih banyak lagi. GrabChat memudahkan komunikasi dengan tidak perlu berpindah dari layar Aplikasi Grab dan bebas pulsa!
  1. Berkendara Dengan Aman & Nyaman
Keamanan & kenyamanan berkendara sangat penting di saat Pengemudi mengantarkan Penumpang. Selalu patuhi peraturan lalu lintas, juga sesuaikan kecepatan dengan kemampuan diri kita & motor kita.
Jangan lupa untuk selalu cek kondisi motor & servis rutin agar performa motor dalam kondisi yang baik.
Batas kecepatan yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 111 tahun 2015 mengenai tata cara penetapan batas‎ kecepatan kendaraan bermotor yg berisi:
  • Paling rendah 60 (enam puluh) km/jam dalam kondisi arus bebas dan paling tinggi 100 (seratus) km/jam untuk jalan bebas hambatan;
  • Paling tinggi 80 (delapan puluh) km/jam untuk jalan antarkota;
  • Paling tinggi 50 (lima puluh) km/jam untuk kawasan perkotaan; dan
  • Paling tinggi 30 (tiga puluh) km/jam untuk kawasan permukiman.
  1. Kebersihan & kerapihan berpakaian
Kebersihan & kerapihan dalam berpakaian adalah salah satu faktor penting dalam memberikan kesan pertama yang baik. Kesan dan pengalaman berkendara yang baik untuk Penumpang akan berkelanjutan dengan kesetiaan menggunakan Grab kembali.
Pastikan helm untuk Penumpang bersih dan wangi, sediakan juga masker dan hair cap untuk Penumpang.
Jangan lupa untuk memakai celana panjang dan sepatu ketika berkendara.
  1. Dapatkan lokasi yang tepat
Selalu pastikan lokasi menjemput atau mengantar penumpang tepat. Anda bisa bertanya langsung kepada penumpang melalui GrabChat atau melalui cara lain. Anda juga bisa menggunakan Aplikasi menggunakan GPS di handphone.
GPS berguna untuk menunjukkan rute jalan yang bisa memberikan jalan utama  dan jalan alternatif untuk menghindari macet.
Ada beberapa Aplikasi gratis yang bisa Anda digunakan, kunjungi Pengaturan dan Aplikasi Navigasi di Aplikasi Grab Driver Anda untuk unduh Aplikasinya.
Contoh Aplikasinya:
Waze:
Google Maps:
  1. Membaca catatan / notes dari penumpang
Penumpang sering kali menuliskan catatan khusus saat melakukan pesanan, seperti di mana penjemputan, kesediaan menunggu, menghindari pembatalan, kepastian tujuan dan masih banyak lagi. Karena itu, pastikan Anda membaca catatan penumpang, karena akan membantu efisiensi penjemputan ataupun mengetahui kebutuhan penumpang.
Berikut contoh notes dari penumpang:
Masih banyak lagi cara Anda bisa mendapatkan Bintang 5. Namun cobalah dulu untuk fokus pada 6 hal di atas, dan bersiap untuk selalu mendapatkan bintang 5!
Selamat mencoba!